Keindahan Tersembunyi di Telaga Merdada Dieng

telaga merdada saat sedang surut
Jika anda menginginkan untuk berwisata ke dataran tinggi dieng maka yang berada dipikiran anda adalah tentang gunung yang harus di daki, tidak semua obyek wisata selalu mendaki ada juga obyek wisata di dieng yang mempunyai medan datar cocok untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga seperti ayah dan ibu atau bahkan berlibur bersama dengan nenek. Salah satu obyek wisata di dieng yang patut untuk anda kunjungi adalah Telaga Merdada, telaga yang memiliki luas permukaan 25ha ini menjadi obyek wisata yang tersembunyi karena memang jarang diketahui oleh wisatawan terutama wisatawan dari luar kota. Tersembunyi akan tetapi memiliki beribu keindahan yang tersimpan itulah Telaga Merdada yang selalu mempesona setiap waktu, tak heran jika kami sebagai biro wisata lokal juga merekomendasikan obyek wisata Telaga Merdada ini sebagai list kunjungan wisata paket 3 hari 2 malam yang bisa anda temukan di website kami.

Legenda Telaga Merdada


Cerita tentang legenda telaga merdada ini banyak versi akan tetapi versi yang terkenal adalah tentang cerita dari negara Alengka yang konon ada seorang resi bernama Resi Gotama merupakan keturunan dari Bathara Ismaya yang dihadiahi seorang bidadari untuk dijadikan istri yaitu bernama Dewi Windradi, tapi karena kesepian akhirnya Dewi Windradi mendua kepada Bathara Surya hingga bertahun - tahun lamanya. Tak sampai disitu walau Dewi Windradi sudah diberikan tiga buah hati dari asmaranya dengan Resi Gotama yaitu Dewi Anjani, Guwaresi (Sugriwa) dan Guwarsa (Subali) hubungan terlarang dengan Bathara Surya masih berlanjut hingga akhirnya terbongkar hubungan terlarang tersebut karena kecerobohan Dewi Windradi yang memberikan sebuah pusaka Cupumanik Astagina dari Bathara Surya untuk anak perempuannya yaitu Dewi Anjani. Tapi malang pusaka tersebut diketahui oleh saudara sekandung Dewi Anjani yang lalu mengadu pada ayahnya Resi Gotama, mendengar hal tersebut akhirnya sang resi memanggil istri dan anaknya untuk menanyakan dari mana asal pusaka yang hanya dimiliki oleh Bathara Surya tersebut.

Tapi Dewi Windradi hanya diam membisu karena sadar bahwa yang dia lakukan salah karena telah melanggar pantangan yang telah diberikan dari Bathara Surya dan memberikan pusaka Cupumanik Astagina kepada orang lain walaupun itu anaknya sendiri, karena hanya diam membisu akhirnya sang resi mengutuk istrinya sendiri menjadi patung batu dan melemparkan bersama dengan pusaka Cupumanik Astagina tersebut ke langit dan menyuruh anak anaknya untuk mengejar serta mencari pusaka tersebut karena apabila menemukan pusaka tersebut maka pusaka tersebut akan menjadi milik yang menemukannya. Hingga akhirnya pusaka tersebut terbang dan membelah gunung karena kesaktiannya dan tutup dari pusaka tersebut terpisah dari isi pusaka astagina hingga jatuh dan berubah menjadi sebuah telaga. Melihat hal tersebut maka ketiga anak dari Resi Gotama Dewi Anjani, Sugriwa dan Subali saling berlomba untuk menyelam kedalam dasar telaga untuk mencari pusaka tersebut namun bukannya pusaka yang didapat melainkan setelah keluar dari dasar telaga muka mereka yang cantik dan juga tampan berubah menjadi seperti kera yang berbulu dan mengakibatkan penyesalan bagi mereka karena sudah terlalu serakah dalam menggapai apa yang bukan menjadi miliknya. Dari kisah tersebutlah nama Merdada diambil yaitu diambil dari Dada yang berarti kita sebagai seorang manusia harus berlapang dada dalam menerima takdir Tuhan karena apabila kita lebih lapang dada dan bersyukur niscaya Tuhan akan menambah nikmat untuk mereka yang bersyukur dan lapang dada sebagai seorang manusia.

Lokasi Telaga Merdada Banjarnegara

   
Lokasi Telaga Merdada ini terletak di desa Karangtengah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara atau terletak 4 kilometer dari area Kawasan Candi Arjuna ke arah Banjarnegara. Jika anda tidak mengetahui dan memang tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan karena memang tidak terkenal seperti yang lainnya kami sarankan anda untuk membooking  paket wisata dieng yang sudah kami siapkan untuk anda dari paket wisata dieng 2 hari 1 malam, paket wisata dieng 3 hari 2 malam sehingga anda akan lebih mudah dalam mengunjungi obyek wisata Telaga Merdada ini karena selain indah hamparan air di telaga ini seolah seperti di dunia fiksi dimana kabut tipis dan udara yang begitu cukup dingin akan menjadi sebuah pemandangan langka dan berbeda di dataran tinggi dieng.

Harga Tiket Masuk Telaga Merdada

   
Bagi anda yang menginginkan untuk masuk kedalam area wisata Telaga Merdada maka anda diwajibkan untuk membeli tiket masuk yaitu sebesar Rp 5.000,- untuk satu orang dewasa maupun anak - anak. Tiket masuk bisa anda dapatkan didekat area parkir telaga dan biasanya sudah ada petugas yang jaga.

0 Comments