Fakta Unik Kawah Sikidang Dieng

Fakta Unik Kawah Sikidang Dieng
Obyek wisata alam yang satu ini merupakan obyek yang harus anda kunjungi saat ke dieng, asap yang keluar dari dalam kawah akan terlihat ketika anda sudah tiba di area parkir Kawah Sikidang. Salah satu kawah dari sekitar tujuh kawah didieng yang layak dan sangat menarik dikunjungi adalah Kawah Sikidang, kandungan belerang yang tidak terlalu tinggi walaupun kadang bau menyengat dari belerang akan terasa tergantung dari arah angin kemana membawa asap tersebut. Letaknya yang tidak jauh dari obyek wisata Candi Bima ini mempunyai keunikan tersendiri daripada kawah – kawah yang lainnya di dieng atau bahkan di Indonesia, selain suhu air yang bercampur belerang dari kawah utama yang mencapai hingga 90 derajat celcius atau bahkan lebih ini akan bisa lihat dengan jarak yang relatif cukup dekat yaitu hanya dari jarak 5 meter saja. Tak usah takut karena ada pagar sebagai pembatas sehingga aman untuk dikunjungi wisatawan jadi jangan lupa untuk berfoto di dekat bibir Kawah Sikidang.

Apa fakta menarik Kawah sikidang Dieng?


Kawah yang berpindah tempat

   
Bukan kawah sikidang namanya jika tidak mempunyai keunikan lain dari pada yang lain yaitu dari namanya sudah bisa ditebak, Si Kidang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Kijang atau hewan yang mempunyai karakter melompat – lompat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Begitu pula dengan kawah sikidang yang memiiki karakter sama seperti hewan kijang yaitu kawah yang bisa berpindah dalam kurun waktu tertentu terutama pada kawah yang kecil biasanya akan mati dengan sendirinya dan berbindah ke tempat lainnya dalam kurun waktu tertentu. Itulah kenapa kawah sikidang dikatakan unik, selain aktifitas alamnya yang begitu menarik untuk dipelajari juga cocok untuk anda yang ingin sekedar berwisata menyaksikan fenomena alam di kawah vulkanik sikidang.

Bisa mencoba telur rebus dari kawah sikidang

   
Ya salah satu keunikan dari kawah sikidang ini anda bisa mencicipi kuliner khas dari obyek wisata yang begitu unik ini adalah telur yang direbus dari panas mendidihnya air yang bercampur belerang.  Jangan ditanyakan soal rasa karena jika anda mencoba saya yakin akan memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi anda sebagai pencinta wisata kuliner.Jika anda ingin mencoba wisata kuliner yang begitu unik ini anda bisa menuju ke kawah utama yang jaraknya sekitar 300 meter dari pintu masuk ke kawah, setelah menemukan kawah utama maka anda akan melihat seorang pria yang menggunakan caping dan membawa seperti bambu yang digunakan untuk merebus telur mentah di air kawah dengan waktu kurang lebih 5 menit dan ketika matang maka anda bisa menikmati telur rebus dengan harga 5.000 saja.

Main flying fox dan berfoto ala – ala koboy

   
Tidak hanya mencoba telur rebus kawah, anda juga bisa bergaya foto ala – ala koboy di mobil jeep yang memang disediakan untuk berfoto, naiklah keatas mobil jeep yang berada diarea wisata kawah sikidang dan jangan lupa untuk bergaya karena mobil jeep ini bisa muat hingga 5 orang penumpang untuk berfoto. Selain jeep juga ada spot foto menarik lainnya yang bisa digunakan untuk berfoto seperti berfoto bersama gorilla, dengan tulisan menarik hingga dengan burung hantu yang sangat imut untuk diajak berfoto bersama. Selain aktivitas berfoto anda juga bisa mencoba menguji adrenalin anda dengan tidak melewatkan flying fox yang begitu menegangkan, hanya dengan 25.000 saja anda sudah bisa meluncur mencoba flying fox yang begitu panjang sekitar 70 meter lebih.

Berbelanja kentang dieng

   
Selain berwisata kuliner mencoba telur rebus kawah anda juga bisa berbelanja di sepanjang jalan menuju kawah utama, banyak sekali pedangang setempat yang menjajakan barang dagangannya dari buah carica yang khas dieng dan kentang dieng yang begitu lezat untuk dikonsumsi. Kentang dieng merupakan kentang terbaik yang ada di Indonesia dan juga dieng merupakan penghasil kentang terbesar di Indonesia maka tak diragukan lagi tentang kualitas kentang dieng. Untuk jenisnya ada kentang kuning, kentang merah dan juga kentang ungu yang bisa anda beli sebagai oleh – oleh dirumah untuk keluaraga atau tetangga anda.

Lokasi & Akses Wisata


Lokasi obyek wisata kawah sikidang ini tidak terlalu sulit karena dekat dengan obyek wisata di dieng yang lainnya salah satunya adalah telaga warna, anda bisa mencari jalan telaga warna dan apabila sudah menemukan jalan telaga warna maka anda tinggal hanya mengikuti jalan tersebut. Selepas obyek wisata telaga warna anda masih harus berjalan sekitar 60 meter dari pintu masuk utama telaga warna maka anda akan menemukan sebuah pertigaan dan terdapat papan petunjuk Kawah Sikidang, ikuti saja atau dari pertigaan anda bisa mengambil ke arah kanan dan mengikuti jalan tersebut hingga ada pertigaan dan pilih ke arah kawah sikidang yang juga letaknya tidak terlalu jauh dari obyek wisata candi bima akan terlihat pos tiket masuk ke kawah.

Harga tiket masuk


Untuk harga tiket masuk kawasan candi arjuna anda bisa membeli langsung di loket masuk candi dengan harga Rp. 15.000,- per orang. Dan harga tiket untuk wisatawan mancanegara adalah Rp. 30.000,- jadi siapkan uang tunai sebelum sampai dieng, karena di dieng terutama di loket masuk tidak menerima pembayaran dengan transfer atau bahkan menggunakan kartu kredit.

Tips saat mengunjungi kawah Sikidang


  1. Jangan lupa untuk menggunakan masker sebagai penutup hidung dan mulut karena mengingat bau sulfur kadang terasa menyengat sekali, apabila anda tidak sempet membawanya dari rumah maka anda bisa membelinya di area parkir dari pedangang yang menjajakan masker dengan harga 5.000,- untuk 3 masker. Murah bukan ?
  2. Bawa topi dan kacamata saat berkunjung ke kawah karena ketika musim kemarau pada siang hari terik matahari akan terasa panas dan gersangnya bebatuan di sekitar kawah menyilaukan mata saat berjalan, selain itu topi dan kacamata bisa menambah gaya anda lebih menarik untuk bergaya di lensa kamera.
  3. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke kawah sikidang adalah sore hari karena saat sore hari sinar matahari sudah tidak terlalu panas sehingga anda bisa mengeksplore tanpa harus takut kulitnya terbakar sinar matahari. Dan apabila beruntung maka anda bisa melihat indahnya matahari tenggelam dari kawah sikidang atau sunset kawah sikidang.
  4.  Pilihlah hari besar, weekend, atau long weekend agar anda bisa mencoba wisata kuliner khas kawah sikidang yaitu telur rebus yang dimasak di kawah utama sikidang.

Wisata terdekat dari kawah sikidang


Candi Bima


Tak banyak diketahui tentang detail sejarah candi bima ini, terletak di bagian selatan dan berdiri sendiri dengan gagahnya karena candi bima merupakan candi yang paling besar di dieng dibandingkan candi dieng lainnya, bentuk yang mirip dengan gaya arsitektur dari india ini menunjukkan bahwa candi bima ini di bangun paling akhir atau termuda diantara candi dieng lainnya.

Telaga Warna & Telaga Pengilon


Telaga warna dan Telaga Pengilon merupakan obyek wisata yang paling dikunjungi oleh wisatawan dari yang muda hingga lansia, telaga yang memiliki warna warni seperti pelangi ini sangat indah untuk anda kunjungi karena warna yang begitu indah seperti pelangi bisa membuat siapa saja terpesona.

Dieng Plateau Theater


Gedung pemutaran film dokumenter yang dinamakan Dieng Plateau Theater ini berkapasitas maskimal 100 orang untuk bisa menyaksikan film dengan durasi 23 menit yang berisikan tentang sejarah, kebudayaan dan kehidupan masyarakat dieng hingga kondisi geografis dieng yang akan dijelaskan secara singkat akan tetapi jelas untuk anda saksikan.
Share:

No comments:

Post a Comment